A. AI ( Artifical Intelligence)
1.
Definisi AI
Kecerdasan
Buatan atau kecerdasan yang ditambahkan kepada suatu sistem yang bisa
diatur dalam konteks ilmiah atau Intelegensi Artifisial (bahasa
Inggris: Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) didefinisikan
sebagai kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini umumnya
dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer)
agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem
pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan
saraf tiruan dan robotika. Banyak hal yang kelihatannya sulit
untuk kecerdasan manusia, tetapi untuk Informatika relatif tidak
bermasalah. Seperti contoh: mentransformasikan persamaan, menyelesaikan
persamaan integral, membuat permainan catur atau Backgammon. Di sisi lain, hal
yang bagi manusia kelihatannya menuntut sedikit kecerdasan, sampai sekarang
masih sulit untuk direalisasikan dalam Informatika. Seperti contoh:
Pengenalan Objek/Muka, bermain sepak bola.
2. Sejarah
AI
Pada awal abad 17, Rane Descartes
mengemukakan bahwa tubuh hewan bukanlah apa-apa melainkan hanya mesin-mesin
yang rumit. Blaise Pascal menciptakan mesin penghitung digital mekanis pertama
pada 1642. Pada 19, Charles Babbage dan Ada Lovelace bekerja pada mesin
penghitung mekanis yang dapat diprogram. Bertrand Russell dan Alfred North
Whitehead menerbitkan Principia Mathematica yang merombak logika formal. Warren
McCulloch dan Walter Pitts menerbitkan "Kalkulus Logis Gagasan yang tetap
ada dalam Aktivitas" pada 1943 yang meletakkan fondasi untuk jaringan
saraf. Tahun 1950-an adalah periode usaha aktif dalam AI. Program AI pertama
yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di
University of Manchester (UK); sebuah program permainan naskah yang ditulis
oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh
Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "Kecerdasan Buatan"
pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956.
Dia juga menemukan bahasa pemograman Lisp. Alam turing memperkenalkan
"Turing test" sebagai sebuah cara untuk mengoperasionalkan test
perilaku cerdas. Joseph Weizenbaum membangun ELIZA, sebuah chatterbot yang
menerapkan psikoterapi Rogerian. Selama tahun 1960-an dan 1970-an Joel Moses
mendemonstrasikan kekuatan pertimbangan simbolis untuk mengintegrasikan masalah
di dalam program Macsyma, program berbasis pengetahuan yang sukses pertama kali
dalam bidang matematika. Marvin Minsky dan Seymour Papert menerbitkan
Perceptrons, yang mendemostrasikan batas jaringan saraf sederhana dan Alain
Colmerauer mengembangkan bahasa komputer Prolog. Ted Shortliffe mendemonstrasikan
kekuatan sistem berbasis aturan untuk representasi pengetahuan dan inferensi
dalam diagnosa dan terapi medis yang kadangkala disebut sebagai sistem pakar
pertama. Tahun 1990-an ditandai perolehan besar dalam berbagai bidang AI
dan demonstrasi berbagai macam aplikasi. Lebih khusus Deep Blue, sebuah
komputer permainan catur, mengalahkan Garry Kasparovdalam sebuah
pertandingan 6 game yang terkenal pada tahun 1997. DARPA menyatakan
bahwa biaya yang disimpan melalui penerapan metode AI untuk unit penjadwalan dalam
Perang Teluk pertama telah mengganti seluruh investasi dalam penelitian AI
sejak tahun 1950 pada pemerintah AS. Tantangan Hebat DARPA, yang dimulai
pada 2004 dan berlanjut hingga hari ini, adalah sebuah pacuan untuk hadiah $2
juta dimana kendaraan dikemudikan sendiri tanpa komunikasi dengan manusia,
menggunakan GPS, komputer dan susunan sensor yang canggih,
melintasi beberapa ratus mil daerah gurun yang menantang.
3. Hubungan AI
dengan Kognisi Manusia
Teknologi Artificial Intelligence
memiliki hubungan yang erat dengan dunia teknologi komunikasi dan informasi.
Sama seperti proses komunikasi, Artificial Intelligence menaruh perhatian yang
besar terhadap konsep kognisi. Salah satu fungsi kognisi yang kita kenal adalah
bahasa. Dengan adanya sistem bahasa, komunikasi antara sender dengan receiver
dapat berjalan dengan lancar, dan sistem bahasa, lebih spesifiknya sistem
computer linguistic, pun telah menyumbang banyak kontribusi bagi perkembangan
dunia Artificial Intelligence. Dari relasi ini, bisa terlihat bahwa bahasa
sebagai salah satu konsep relevan dalam dunia komunikasi memiliki hubungan yang
demikian erat dengan perkembangan teknologi artificial intelligence dari zaman
dahulu hingga sekarang. Selain itu, penalaran dan pengambilan keputusan adalah
aspek lainnya dari kognisi yang juga memiliki relasi dengan konsep komunikasi
dan teknologi artficial intelligence sendiri.
B. Expert System
1. Definisi Expert System
Sistem Pakar (Expert System)
merupakan suatu sistem yang menggunakan pengetahuan manusia dalam komputer
untuk memecahkan masalah yang biasanya dikerjakan oleh seorang pakar, misalnya
: Dokter, Lawyer, Analist Keuangan, Tax Advisor. Sistem pakar dapat mendorong
perhatian besar diantara ahli komputer dan spesialist informasi untuk
mengembangkan sistem membantu manajer dan non manajer memecahkan masalah.
Sistem Pakar terdiri dari 4 bagian yaitu:
1. User Interface
2. Knowledge Base
3. Inference Engine
4. Development Engine
2.
Sejarah Expert System
Expert System pertama kali
dikembangkan oleh komunitas AI (Artificial Intellegence) pada pertengahan tahun
1956. Sistem Pakar yang muncul pertama kali adalah General-purpose Problem
Solver (GPS) yang dikembangkan oleh Allen Newell dan Habert A. Simon.
Pada pertengahan tahun 1960-an,
terjadi pergantian dari program serba bisa (general-purpose) ke program yang
spesialis (special-purpose) dengan dikembangkannya DENDRAL oleh E.Feigenbauh
dari Universitas Stanford dan kemudian diikuti oleh MYCIN.
Awal tahun 1980-an, teknologi
Sistem Pakar yang mula-mula dibatasi oleh suasana akademis mulai muncul sebagai
aplikasi komersial, khususnya XCON, XSEL (dikembangkan dari R-1 pada Digital
Equipment Corp.) dan CATS-1 (dikembangkan oleh General Electric). Sistem Pakar
dari tahun ketahun selalu mengalami perkembangan sampai saat ini.
Expert System saat ini
Saat ini expert system mengalami
perkembangan pesat diberbagai bidang seperti bidang
Teknologi,ekonomi,Sosial,Kedokteran,dll.Expert System terdiri dari 4 bagian:
1. User Interface
User interface digunakan manajer
untuk memasukkan instruksi dan informasi dari sistem. Metode input yang
digunakan oleh manajer yaitu:
· Menu
· Command
· Natural Language
· Output Expert System memakai 2
bentuk penjelasan (explanation) :
· Explanation of Question
· Explanation of Problem Solution
2. Knowledge Base
Knowledge base terdiri dari fakta
yang menggambarkan problem domain dan juga teknik penyajian yang menggunakan
fakta sesuai logika.
Aturan(rules) merupakan rincian
dalam situasi yang tidak berubah: Kondisi benar dan tidak benar, tindakan yang
diambil bila kondisi benar.
3. Interface Engine
Inference Engine merupakan bagian
dari Expert System yang membentuk Reasoning dengan menggunakan isi dari
knowledge base dalam urutan tertentu.
4.
Contoh Expert System
1. ELIZA
ELIZA adalah salah satu Sistem
Pakar yang paling awal dikembangkan. Ini adalah program komputer terapis yang
dibuat oleh Joseph Weizenbaum di MIT. Pengguna berkomunikasi dengannya
sebagaimana sedang berkonsultasi dengan seorang terapis. Berikut ini adalah contoh
percakapan antara Eliza dengan seorang klien:
Eliza: Hello. I am ELIZA. How can
I help you?
Klien: My name is Balza.
Eliza: I have told you before, I
do not care about names.
Klien: I don’t have any money.
That’s my problem.
Eliza: Why do you say your
problem?
Klien: Because you asked me.
Eliza: Do any other reasons not
come to mind?
Klien: No.
Eliza: You are being a bit
negative.
Klien: Why?
Eliza: Please go on.
Klien: OK. I am bankrupt.
Eliza: How long have you been
bankrupt?
Klien: A year.
Eliza: Please go on.
Klien: So, what should I do?
Eliza: Does that question
interest you?
Klien: Yes, how can I make big
money?
Eliza: You are sure?
Klien: Of course I’m sure.
2. Parry
Parry adalah Sistem Pakar yang
juga paling awal dikembangkan di Stanford University oleh seorang psikiater,
Kenneth Colby, yang mensimulasikan seorang paranoid. Berikut ini contoh respon
Parry terhadap pertanyaan seorang psikiater yang menginterviwenya.
Psikiater: Why are you in the
hospital?
Parry: I shouldn't be here.
Psikiater: Who brought you here?
Parry: The police.
Psikiater: What trouble did you
have with the police?
Parry: Cops don't do their job.
Psikiater: What do they do
instead?
Parry: Cops arrest the wrong
people.
Psikiater: They arrest the right
ones sometimes
Parry: The law should get those
Italian crooks.
Psikiater: Are you Italian?
Parry: My background is British
but I was born in this country.
Psikiater: Do you know any
Italian crooks?
Parry: I try to avoid the
underworld....
3. NETtalk
Connectionism adalah gerakan
dalam ilmu kognitif yang berharap untuk menjelaskan kemampuan intelektual
manusia menggunakan jaringan syaraf tiruan (juga dikenal sebagai “jaringan
syaraf”). Jaringan syaraf disederhanakan model otak terdiri dari sejumlah besar
unit (young analog neuron) bersama-sama dengan bobot yang mengukur kekuatan
hubungan antara unit. Model ini berat efek dari sinaps yang menghubungkan satu
neuron yang lain. Percobaan pada model semacam ini telah menunjukkan kemampuan
untuk mempelajari keterampilan seperti pengenalan wajah, membaca, dan deteksi
struktur gramatikal sederhana. Connectionists telah membuat kemajuan yang
signifikan dalam menunjukkan kekuatan jaringan saraf untuk menguasai
tugas-tugas kognitif. Berikut adalah tiga percobaan terkenal yang telah
mendorong connectionists untuk percaya bahwa JST model yang baik dari
kecerdasan manusia. Salah satu yang paling menarik dari upaya tersebut adalah
kerja 1987 Sejnowski dan Rosenberg di jaring yang dapat membaca teks bahasa
Inggris disebut NETtalk. Pelatihan ditetapkan untuk NETtalk adalah basis data
yang besar terdiri dari teks bahasa Inggris ditambah dengan output yang sesuai
fonetik-nya, yang ditulis dalam kode yang cocok untuk digunakan dengan
synthesizer pidato. Tape kinerja NETtalk di berbagai tahap pelatihan
mendengarkan sangat menarik. Pada awalnya output random noise. Kemudian, bersih
suara seperti itu mengoceh, dan kemudian masih seolah-olah itu adalah berbahasa
Inggris double-talk (pidato yang dibentuk dari suara yang menyerupai kata dalam
bahasa Inggris). Pada akhir pelatihan, NETtalk melakukan pekerjaan yang cukup
baik mengucapkan teks diberikan. Selain itu, kemampuan ini generalizes cukup
baik untuk teks yang tidak disajikan pada training set.
Daftar Pustaka :
mashook pak ekoooo
BalasHapus